berita I, Seputar kampus

Bazaar Kerajinan UMKM

Bazaar, yang diselenggarakan Universitas Sanata Dharama pada hari Kamis, 24-24 April 2008, yang dimulai pada pukul 07.00-18.00 WIB, dengan tema ” Bersatu dalam Mempromosikan Industri UMKM Provinsi DIY”. Bazaar digelar di halaman gedung Administrasi Pusat USD. Panitia menyediakan 30 kapling, yang dibagi dua, 15 kapling untuk mahasiswa dan 15 kapling disediakan untuk peserta dari luar.

Bazaar tersebut diikuti oleh pengrajin dari beberapa daerah diantaranya, dari Kulon Progo, Bantul dan Sleman. Selain itu juga dikuti oleh mahasiswa dari Fakultas Manajemen, USD.

Kerajinan dari Salamrejo, Sentolo, Kulon Progo, yang merupakan pusat kerajinan dengan bahan baku Agel. Dengan hasil berupa berbagai macam bentuk diantaranya, tas,topi,kursi,lampu,taplak,vas bunga, dompet, toples, bingkai foto, dan masih banyak lagi. Pewarna yang digunakan berupa bahan-bahan alami dari tanaman.

Sendangsari, Pajangan, Bantul, memamerkan hasil kerajinan dalam bentuk ukiran atau pahatan yang terbuat dari kayu sengon, dan kayu-kayu yang lain.Hasil pahatannya berupa: topeng, wayang, souvenir, cat sunggih, batik, asbak, cermin, mangkok kecil, patung binatang seperti angsa, bebek, kura-kura, dan sebagainya. Kerajinan tersebut bisa dikatakan indah dan menarik karena diberi sentuhan batik dan benar-benar kelihatan budaya jawanya. Harganya berkisar dari Rp 3000,00 sampai 2 juta untuk ukuran topeng yang besar.

Sementara itu dari mahasiswa Fakultas Ekonomi, memamerkan pakaian–pakaian, asesoris dan yang lain.

Peserta bazaar yang berasal dari Sleman, memamerkan minuman dalam bentuk teh yang berasal dari mahkota dewa, yang memiliki banyak khasiat untuk mengobati berbagai penyakit dan juga makanan yang berupa donat.

Bazaar yang diselenggarakan USD saat ini , bekerja sama dengan beberapa pihak diantaranya, Bank BPD DIY, Masdha FM, Yasika FM, Petra FM, dan RBTV.

Menurut informasi dari para peserta, bazaar akan selesai pada hari Sabtu, bertepatan dengan pelaksanaan wisuda mahasiswa USD, yang dilaksanakan pada hari itu juga dan bertempat di panggung dan lapangan realino USD yang tidak jauh dari lokasi bazaar.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: